TIPE DATA BAHASA C

08.45 Posted In Edit This 0 Comments »

Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhisetiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer. Misalnya saja 5 dibagi 2 bisa sajamenghasilkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya.
Jika 5 dan 2 bertipe integer maka akan menghasilkan nilai 2, namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 2.5000000. Pemilihan tipe data yang tepat akan membuat proses operasi data menjadi lebih efisien dan efektif.
Dalam bahasa C terdapat lima tipe data dasar, yaitu :




Bahasa C menyediakan lima macam tipe data dasar, yaitu tipe data integer (nilai numerik bulat yang dideklarasikan dengan int), floating-point (nilai numerik pecahan ketepatan tunggal yang dideklarasikan dengan float), double-precision (nilai numerik pecahan ketepatan ganda yang dideklarasikan dengan double), karakter (dideklarasikan dengan char), dan kosong (dideklarasikan dengan void). Int, float, double dan char dapat dikombinasikan dengan pengubah (modifier) signed, unsigned, long, dan short. Hasil dari kombinasi tersebut diantaranya dapat dilihat pada tabel berikut :



Tipe Data Numerik Integer

Karakteristik dari nilai numerik integer adalah sebagai berikut :
• Nilai numerik pecahan yang disimpan di tempat nilai integer akan dibulatkan ke bawah. Misalkan nilai 34.56 disimpan dan ditampilkan sebagai nilai 34 untuk variabel numerik integer.
• Nilai numerik integer negatif disimpan di memori dengan cara komplemen dua. Misal nilai numerik 7 akan disimpan di memori untuk tipe numerik integer 16 bit dalam bentuk nilai binary 111 dengan perhitungan :
1X22 = 1 x 4 = 4
1X21 = 1 x 2 = 2
1X20 = 1 x 1 = 1
---------------- +
7
• Nilai variabel yang melebihi jangkauannya akan dipotong sepanjang jumlah bit yang tersedia.

Tipe Data Karakter
Variabel tipe karakter dideklarasikan dengan tipe char atau signed char atau unsigned char dan dimaksudkan untuk menampung nilai sebuah huruf (karakter). Kode format "%c" digunakan untuk menampilkan nilai tipe char. Karakter yang disimpan dimemori dengan deklarasi tipe char menempati posisi 1 byte (8 bit) yang diwakili kode ASCII. Misal karakter "A" dalam memori akan diwakilkan dengan nilai biner 01000001. Nilai binari itu dalam desimal bernilai 65.

Tipe Data String
Bahasa C tidak menyediakan deklarasi variabel untuk tipe string. Nilai string adalah kumpulan dari nilai- nilai karakter yang berurutan dalam bentuk larik dimensi satu. Larik dimensi satu dideklarasikan dengan menyebutkan jumlah dari elemnnya yang ditulis diantara operator "[]" (bahasa C menganggap "[]" sebagai operator. Kode format untuk menampilkan nilai strng adalah "%s".

0 komentar: