STRUKTUR BAHASA C

08.35 Posted In Edit This 2 Comments »

Untuk dapat memahami bagaimana suatu program ditulis, maka struktur dari program harus dimengerti terlebih dahulu. Tiap bahasa komputer mempunyai struktur program yang berbeda. Jika struktur dari program tidak diketahui, maka akan sulit bagi pemula untuk memulai menulis suatu program dengan bahasa yang bersangkutan.
Struktur dari program C terdiri dari koleksi satu / lebih fungsi-fungsi. Fungsi pertama yang harus ada di program C sudah ditentukan namanya, yaitu bernama main(). Suatu fungsi didalam program C dibuka dengan kurung kurawal buka ({) dan ditutup dengan kurung kurawal tutup (}). Diantara kurung kurawal dapat dituliskan statemen-statemen program C dan pada setiap statemen diakhiri dengan tanda titik koma (;). Berikut adalah struktur dari program C :




Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur, karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagian (subroutine). Fungsi-fungsi selain fungsi utama merupakan program-program bagian. Fungsi-fungsi ini dapat ditulis setelah fungsi utama atau diletakkan pada file pustaka dan akan dipakai di suatu program, maka nama judulnya (header file) harus dilibatkan di dalam program yang menggunakan preprocessor directive #include.
Header file merupakan file yang berisi dengan prototype (judul, nama, sintak) dari sekumpulan fungsi- fungsi pustaka tertentu. Jadi file ini hanya berisi dengan prototype dari fungsi- fungsi pustaka, sedangkan fungsi-fungsi pustakanya sendiri disimpan dalam file pustaka (library file dengan nama extension file-nya adalah .LIB) Misalnya prototype dari fungsi- fungsi pustaka printf() dan scanf() terdapat di file stdio.h, sehingga jika fungsi-fungsi ini digunakan di program, maka nama file judulnya harus dilibatkan dengan menggunakan preposcessor #include. File judul stdio.h berisi prototype fungsifungsi pustaka untuk operasi input dan output standar. Ada dua cara melibatkan file judul disuatu program C, yaitu :
#include
atau
#include"stdio.h"

File judul selain berisi dengan prototype dari fungsi-fungsi pustaka, juga umumnya berisi dengan konstanta-konstanta terdefinisi dan makro-makro. Misalnya nama konstanta terdefinisi M_PI telah didefinisikan di file judul math.h oleh Turbo-C. Selanjutnya untuk menggunakan nilai phi, nama konstanta M_PI dapat digunakan yang telah berisi dengan nilai konstanta 3.14159265358979323846.

2 komentar:

Afandi mengatakan...

Ane searching2 di google,
Ehh, akhirnya ketemu juga artikel ini.
kebetulan blog ane juga membahas bahasa C++ silahkan mampir ke blog ane gan.
di tunggu sharing nya :D
#include
void main()
{
cout<<" SALAM BAHASA C++ "<<endl;
cout<<" http://pemrograman-c.blogspot.com/ "<<endl;
}

Bita Gadsia (Princess Azoka) mengatakan...

wah referensi yang bagus :)
kunjungi juga ya bolog ku :)
jejaringsosialinternet.blogspot.com
sulapkartu.blogspot.com
atau
princessazoka.tumblr.com